Jumat, 04 November 2011

Jaringan Komputer Berdasarkan Jaraknya


Macam–Macam Jaringan Komputer menurut cakupan area


LAN atau Local Area Network (LAN) adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan komputer atau workstation yang satu dengan komputer yang lain dirumah atau perkantoran. Jariknya ibatasi sampai beberapa KM dam memiliki kecepatan koneksi antara 2 – 10 mega byte per secon.
Jaringan LAN terbagi atas jaringan client / server dan peer to peer. jaringan Client / server adalah tipe jaringan yang difungsikan untuk client dan server. Komputer client selalau meminta pelayanan pada komputer server. Komputer server melayani client dengan fasilitas seperti file server, print server, web server dan mail server. tipe jaringan ini sangat sesuai untuk meningkatkan keamanan data. Adapun tipe peer to peer adalah tipe jaringan yang memperlakukan semua komputer setara. tidak ada yang melayani dan dilayani semua komputer bertindak sendiri-sendiri. tetapi tetap saling dapat berhubungan untuk saling sharing resources. Tehnologi yang biasanya dipakai LAN adalah ethernet, token ring dan FDDI.
MAN atau metropolitan area network pada prinsipnya sama dengan LAN, hanya saja ukuran jaringannya lebih besar dibanding LAN. jarak yang ditempuh oleh MAN ini berkisar antara 10 – 50 Km. MAN sangat cocok diterapkan untuk membangun jaringan antarkantor yang letaknya berdekatan dalam kota yang Sama.
Wan atau wide area network adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang luas. WAN dapat menghubungkan jaringan antar negara bahkan antar benua. Komputer, printer, dan lainnya pada LAN dapat terhubung secara jarak jauh. Salah satu tujuan lain pembuatan WAN adalah untuk menyediakan layanan e-mail, World Wide Web dan transfer lite.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar